Mengapa Sari Rasa?

Konten [Tampil]


        Sejak beberapa tahun terakhir, banyak bisnis di Indonesia yang mengalami pergeseran dari bisnis konvensional menjadi bisnis digital atau biasa disebut E-Commerce. Fenomena ini disebabkan adanya perubahan pola hidup masyarakat seiring dengan berkembangnya teknologi, yang mendorong munculnya para pelaku usaha baru yang melakukan penjualan secara digital. Bisnis kuliner menjadi salah satu lini bisnis yang terkena dampak perubahan ini. Berdasarkan penuturan Stephanie Jap, VP of Category Development for FMCG and Long Tail Categories Tokopedia, tren penjualan makanan dan minuman selama 2020 meningkat hingga tiga kali lipat. Jessica menjabarkan data yang dirangkum Tokopedia selama 2020, ada 10 juta penjual yang 100% tergolong UMKM dan memiliki pangsa pasar lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan. Hal ini membuktikan bahwa bisnis kuliner memiliki peluang pasar yang cukup menjanjikan. Tidak heran, banyak pelaku usaha kuliner yang berlomba-lomba untuk berinovasi mulai dari menu, harga, dan tempat demi kemajuan bisnisnya. Disisi lain, tidak semua pelaku usaha kuliner mampu beradaptasi dengan perubahan yang ada. Kondisi ini diperparah dengan adanya pandemi COVID-19 yang sudah terjadi selama dua tahun terakhir. Tidak sedikit rumah makan konvensional yang mengalami kebangkrutan hingga harus tutup karena menurunnya jumlah pengunjung.

    Berdasarkan fakta yang ada, kelompok kami memilih Warteg Bahari Sari Rasa yang terletak di kawasan Sukapura, Universitas Telkom Bandung sebagai representasi rumah makan konvensional yang perlu dikembangkan sarana promosinya secara digital. Seperti yang kita ketahui, warteg menjadi salah satu tempat makan dengan harga terjangkau yang banyak diminati oleh masyarakat, khususnya para pekerja dan mahasiswa yang ingin makan enak namun memiliki dana yang terbatas. Jika dilihat dari segi menu, pilihan makanan di Warteg Bahari Sari Rasa tidak kalah meriah dengan restoran yang ada di perkotaan. Warteg ini tidak hanya menawarkan beragam pilihan makanan, namun juga menghadirkan suasana makan yang nyaman dengan memberikan pelayanan yang ramah bagi para pelanggannya. Kami berharap nantinya proyek ini dapat membantu pemilik usaha agar dapat memaksimalkan penjualan serta mampu meningkatkan daya saing di era digital seperti sekarang.


Profil Kelompok





Posting Komentar

0 Komentar