Ingin Produk Mu Viral? Pahami Konsep Komunikasi Pemasaran Online Yuk!

Konten [Tampil]

 


Hai warganet, bagaimana kabarnya baik kan? akhir akhir ini kalian pasti sudah tidak asing lagi kan berbelanja maupun melihat barang secara online, apakah dari kalian disini mengetahui eksistensi dari mie gacoan yang sedang viral akhir akhir ini di jagat media sosial? hampir semua kalangan terutama anak muda yang didominasi pelajar dan mahasiswa, yang dimana produk yang ditawarkan oleh mie gacoan hanyalah olahan mie sederhana dan mungkin rasanya biasa biasa saja, tapi dari viralnya mie gacoan ada stategi hebat dibelakang itu semua, membuat konsumen ingin dan penasaran untuk mencoba mie gacoan itu, ada beberapa konsep dalam berkomunikasi pemasaran secara online, salah satunya bagaimana strategi produk agar maksimal diketahui atau dipromosikan kepada calon konsumenya, berikut penjelasan lebih lanjut mengenai konsep komunikasi pemasaran secara daring.

Sebelum kepenjelasan yang lebih mendalam kita harus membedah secara perkata apa itu "Konsep Komunikasi Pemasaran Online" Konsep menurut (KBBI) merupakan merupakan satu kesatuan atau rancangan kegiatan yang di rancang secara sistematis untuk mencapai sebuat tujuan, komunikasi adalah hungan antara dua orang atau lebih pengiriman dan penerimaan pesan sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami, pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan suatu perusahaan atau institusi dalam melakukan berbagai upaya agar mampu memenuhi permintaan pasar, Online adalah perangkat elektronik yang terhubung ke jaringan internet. Jadi dapat disimpulkan "Konsep Komunikasi Pemasaran Online" adalah sebuah satu kesatuan yang berisikan hubungan sebuah merek atau institusi dengan calon konsumen bersaha untuk memberitahu akan kebutuhkan mereka yang dilakukan dengan pemanfaatan media elketronik.

Kira kira bagaimana ya kita dapat berkomuikasi dengan efektif kepada konsumen untuk mempromosikan produk kita pada zaman internet seperti ini? Simak selengkapnya.

Pahami Yuk, Jenis dari Tipe Traditional Online Marketing!

Variasi Iklan Yang Terafiliasi Google
Sumber: Google
Traditional online marketing memiliki platforms seperti search engine marketing, display ad marketing (including banner ads, rich media ads, video ads, and sponsorships), e-mail dan permission marketing, affiliate marketing, viral marketing, dan lead generation marketing.

Search Engine Marketing

Illustrasi Iklan Pada Google Search
Sumber: Google
Pada tahun 2016, sekitar 225 juta pengguna Internet AS (hampir 85% dari semua pengguna Internet AS) menggunakan mesin pencari setidaknya sebulan sekali (eMarketer, Inc., 2016a). Rasio klik-tayang untuk iklan mesin pencari umumnya 1%–4% (dengan rata-rata sekitar 2%) dan telah cukup stabil selama bertahun-tahun. Tiga penyedia search engine teratas (Google, Microsoft/Bing, dan Yahoo) menyediakan lebih dari 95% dari semua pencarian online. Search engine marketing (SEM) mengacu pada penggunaan mesin pencari untuk membangun dan mempertahankan merek, sedangkan Search engine advertising mengacu pada penggunaan mesin pencari untuk mendukung penjualan langsung ke konsumen online. Search engine marketing berfungsi untuk Query-based intention marketing. Search Engine Advertising memiliki beberapa tipe sebagai berikut:
  1. Keyword AdvertisingMembeli keywords melalui proses penawaran di search engine, dan setiap kali konsumen mencari kata itu, iklan mereka muncul di suatu tempat di halaman.
  2. Network Keyword Advertising (Context Advertising)Penerbit menerima iklan yang ditempatkan oleh Google di situs web mereka, dan menerima biaya untuk setiap klik-tayang dari iklan tersebut
  3. Search Engine Optimization, Teknik untuk meningkatkan peringkat halaman web yang dihasilkan oleh algoritma search engine.
Display Ad Marketing
Illustrasi Iklan Pada Website
Sumber: Google
Pada tahun 2016, perusahaan akan menghabiskan sekitar $35 miliar untuk semua Display Ad Marketing, sekitar 48% dari semua pengeluaran untuk pemasaran digital. Lima perusahaan iklan bergambar teratas adalah Facebook, Google, Twitter, Yahoo, dan Verizon (AOL dan Millennial Media). Display Ad Marketing berfungsi untuk pemasaran berbasis minat dan konteks. Display Ad Marketing terdiri dari jenis iklan yang berbeda sebagai berikut:
  1. Banner Ads, Menampilkan pesan promosi dalam bentuk persegi panjang kotak di bagian atas atau bawah layar komputer.
  2. Rich Media Ads (Animated Ads), Iklan yang menggunakan animasi, suara, dan interaktivitas, menggunakan Flash, HTML5, Java, dan JavaScript.
  3. Sponsorships, Upaya berbayar untuk mengikat nama pengiklan dengan informasi, acara, atau tempat dengan cara yang memperkuat mereknya dengan cara yang positif namun tidak terlalu komersial.
  4. Video ads, Iklan seperti TV yang muncul sebagai halaman dalam komersial video atau sebelum, selama, atau setelah konten.
Email Marketing
Ketika pemasaran email dimulai, email yang tidak diminta bukanlah hal yang umum. direct e-mail marketing (pesan pemasaran email yang dikirim langsung ke pengguna yang tertarik) adalah salah satu bentuk pertama dan paling efektif dari komunikasi pemasaran online. direct e-mail marketing dikirim ke audiens pengguna Internet yang memilih pada satu waktu atau lainnya, telah menyatakan minatnya untuk menerima pesan dari pengiklan. Manfaat lain dari email marketing termasuk jangkauan massa, kemampuan untuk melacak dan mengukur respon, kemampuan untuk mempersonalisasi konten dan menyesuaikan penawaran, kemampuan untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web untuk lebih banyak lagi interaksi, kemampuan untuk menguji dan mengoptimalkan konten dan penawaran, dan kemampuan untuk menargetkan menurut wilayah, demografi, waktu, atau kriteria lainnya.

Affiliate Marketing
Komisi yang dibayarkan oleh pengiklan untuk berafiliasi situs web untuk merujuk pelanggan potensial untuk mereka situs web. Contoh dari Affiliate marketing yaitu amazon. Affiliate marketing berfungsi untuk ekstensi merek, Pemasaran afiliasi Biaya komisi dibayarkan ke situs Web lain untuk mengirim pelanggan ke situs Web mereka Pemasaran viral Pemasaran yang dirancang untuk menginspirasi pelanggan untuk menyampaikan pesan kepada orang lain Pemasaran generasi prospek Layanan dan alat untuk mengumpulkan, mengelola, dan mengonversi prospek.

Viral marketing
Persebaran Infomrasi Pada internet
Sumber: disruptiveadvertising
Proses mendapatkan pelanggan untuk menyampaikan pemasaran perusahaan pesan untuk teman, keluarga, dan rekan-rekan.

Lead Generation Marketing
Lead generation marketing menggunakan banyak e-commerce untuk menghasilkan prospek untuk bisnis yang nanti bisa dihubungi dan diubah menjadi pelanggan.

Ingin tau masalah periklanan? Yuk Simak Materi dibawah ini!

Apa Sih Itu SEO?
Sumber: Tenor GIF
Search Engine Marketing disingkat dengan SEM merupakan strategi marketing yang bersifat berbayar dimana, SEM memiliki tujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah website di hasil pencarian. Sistem kerja SEM dilakukan dengan cara menggunakan kata kunci yang relevan dengan produk atau jasa yang dipasarkan. Dengan itu maka para konsumen dapat melakukan pencarian produk atau jasa dengan mudah hanya melalui mesin pencarian atau hastag yang digunakan oleh pebisnis. 

Platform yang biasa digunakan untuk SEM ini adalah Google Ads dan Bing Ads tetapi diantara kedua ini memiliki perbedaan seperti jangkauan pencarian, biaya dan demografi.SEM ini sangatlah bermanfaat bagi para pebisnis antara lain:
  1. Meningkatkan Conversion Rate yaitu dengan cara menetapkan kata kunci yang akan dijual contohnya adalah jika konsumen ingin mencari sepatu grosir maka konsumen dapat melakukan pencarian dengan keyword “ Jual Sepatu Murah” karena barang - barang grosir biasanya lebih murah dibandingkan yang terjual satuan. 
  2. Result yang lebih relatif dan cepat, hal ini dikarenakan ketika pebisnis tersebut sudah selesai melakukan pembayaran untuk iklan maka iklan tersebut akan cepat muncul di pencarian Google. 
  3. Dapat Menentukan Target, dengan menggunakan SEM ini pebisnis dapat mengatur target audience yang diinginkan melalui Google Ads berdasarkan lokasi, usia, dan gender. 
Pemanfataan Data Pengguna
Sumber: Global Height
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal melalui SEM ini maka terdapat beberapa jenis keyword yang harus diperhatikan antara lain, sebagai berikut:
  1. Broad Match Keyword, bersifat sangat umum sehingga keyword ini bisa menarik audience yang beragam dengan hasil yang relatif tinggi, tetapi dengan broad match keyword ini hasil yang didapatkan juga bisa tidak relevan dengan produk atau jasa yang dipasarkan. 
  2. Phrase Match Keyword, merupakan keyword yang lebih fokus dibandingkan broad match keyword dikarenakan pebisnis dapat mengatur spesifikasi audience. 
  3. Exact Match Keyword, merupakan keyword yang bersifat spesifik sehingga keyword yang ditulis audience dan hasil pencarian akan sama sehingga grafiknya bisa saja rendah tetapi untuk tingkat relevan dengan tema akan sangat sesuai. 
  4. Negative Keyword, ini harus dihindari karena keyword ini tidak akan cocok dengan produk atau jasa yang dipasarkan.
Advertising merupakan bentuk aktivitas untuk menghadirkan dan mempromosikan ide, barang atau jasa secara non personal yang dibayar oleh sponsor tertentu (Durianto,2004). Dalam kegiatan periklanan pihak yang memasang iklan tersebut harus membayar pemasangan iklan dikarenakan rata - rata pemasangan iklan itu bersifat berbayar.

Apa sih itu Display Ad Marketing? 

Persebaran Iklan Pada Internet
Sumber: Google
Display advertising marketing merupakan proses mengenalkan produk atau jasa dengan cara memasang iklan bergambar di internet dengan format visual seperti gambar ataupun video yang bertujuan untuk mengiklankan suatu produk atau layanan jasa kepada pengguna jagat internet, sebagai anak muda biasanya dapat kita temui saat mengakses website, aplikasi instagram, youtube, hingga game mobile sekalipun. Nah ada beberapa bentuk atau tipe iklan yang kalian dapat pasang diinternet sesuai dengan kebutuhan dan kreativitas kamu, berikut adalah beberapa tipe iklan yang kamu temui di internet.

Banner ads
Jenis dan Ukuran Banner Ads
Sumber: Upwork
Nah warnagnet, untuk tipe yang pertama merupakan tipe iklan yang paling banyak ditemukan diinternet yakni Banner ads merupakan iklan berbentuk persegi panjang yang menempati sebagian tata letak aplikasi. Iklan akan tetap berada di layar saat pengguna berinteraksi dengan aplikasi, bisa terletak di bagian atas atau bawah layar, atau sejajar dengan konten saat pengguna men-scroll. Iklan banner dapat otomatis dimuat ulang setelah jangka waktu tertentu. Iklan banner efektif karena dapat berfungsi dengan baik di berbagai jenis aplikasi dan tidak membutuhkan banyak ruang. Format iklan ini juga paling mudah untuk diterapkan.

Rich media ads

Perbedaan Standar dan Rich Banner
Sumber: insight.freakout.net
Tipe selanjutnya adalah Rich media ads merupakan istilah periklanan digital untuk iklan yang menyertakan fitur lanjutan seperti video, audio, atau elemen lain yang mendorong pemirsa untuk berinteraksi dan terlibat dengan konten. Nah perbedaan dengan tipe sebelumya adalah iklan teks menjual dengan kata-kata, dan iklan bergambar menjual dengan gambar, iklan multimedia menawarkan lebih banyak cara untuk melibatkan pemirsa dengan iklan. Iklan dapat meluas, mengambang, dll. Anda dapat mengakses metrik gabungan tentang perilaku audiens Anda, termasuk jumlah perluasan, beberapa keluar, dan penyelesaian video untuk mendapatkan data terperinci tentang keberhasilan kampanye Anda.

Rich media ads memungkinkan pengiklan membuat iklan kompleks yang dapat memperoleh respons pengguna yang kuat. Menggunakan teknologi HTML5, iklan dapat menyertakan beberapa tingkat konten dalam satu penempatan: video, game, tweet dari iklan, dll. Jika Anda memiliki tujuan sederhana untuk menghasilkan klik atau tujuan yang lebih ambisius untuk menciptakan kesadaran merek, media kaya adalah format untuk pergi dengan.

Video ads


Macam Iklan Video Pada Youtube
Sumber: Google
Tipe ketiga merupakan iklan yang bertipe video, pada tipe kali ini kita akan menggunakan tipe paling mudah yang sering kita temui yakni Youtube, pada Google Ads, kita dapat membuat iklan video yang menarik dengan berbagai format iklan video untuk melibatkan pelanggan dengan berbagai cara di YouTube dan di seluruh situs mitra video. Format iklan video yang tersedia meliputi:

Meskipun konten iklan video harus dihosting di YouTube, iklan video dapat muncul di YouTube dan di seluruh situs web dan aplikasi yang berjalan di Google Video Partner (bergantung pada format iklan dan setelan kampanye kita).

Sponsorships

Sponsorship Pada Salah Satu Video Youtuber
Sumber: Istimewa
Pada tipe selanjutnya merupakan tipe Sponsorship merupakan ketika pengiklan mensponsori sebuah program, website, maupun video, berbeda dengan teraviliasi dengan google ads, sponsorship ini membeli beberapa penempatan iklan selama program, website, maupun video sesuai dengan kesepakatan pengiklan dan yang bersedia diiklankan. Dengan sponsor program, pengiklan menjalin kemitraan yang lebih kuat dengan program dan media. Ini biasanya berarti pengiklan membayar biaya tertentu untuk paket sponsorship dengan imbalan sejumlah dan jenis sponsor yang disebutkan di seluruh program.

Advertising networks
Penguasaan Iklan Pada Suatu Website
Sumber: Pinterest
Advertising Network adalah iklan yang muncul di antara konten dari sebuah situs. Pada umumnya, Iklan yang ditampilkan menggunakan display ads berupa promosi produk maupun layanan yang relevan dengan tema webpage atau artikel. Display advertising Network ini pastinya dapat membantu bisnis anda dalam menjalankan iklan yang akan menjangkau audiens sebanyak mungkin. Advertising Network memiliki fungsi untuk meningkatkan brand awareness anda. Brand awareness membantu klien mengenali anda dan membuat mereka lebih loyal kepada produk anda. Serta dapat mendapatkan klien lebih banyak lagi. Selain itu, Display Advertising Networks juga membuat tampilan iklan jauh lebih menarik karena dapat dimunculkan di website, aplikasi, hingga mobile games.

Advertising exchanges and real-time bidding

Illustrasi Advertising Exchanges
Sumber: Pinterest
Advertising exchanges adalah platform teknologi yang memfasilitasi pembelian dan penjualan inventaris iklan media dari beberapa jaringan iklan. Harga untuk inventaris ditentukan melalui penawaran waktu nyata. Pendekatan ini didorong oleh teknologi sebagai lawan dari pendekatan historis dalam menegosiasikan harga pada inventaris media.

Cara kerja Real-time Bidding
Sumber: Medium
Real-time Bidding adalah proses di mana inventaris iklan digital dibeli dan dijual. Proses ini terjadi dalam waktu kurang dari satu detik. Pada Authorized Buyers, Anda dapat menggunakan RTB untuk mengevaluasi dan menawar setiap tayangan yang tersedia. Ini tersedia untuk semua Authorized Buyer dengan server iklan atau mesin bid. Tidak diperlukan kontrak tambahan, tetapi Persyaratan Penggunaan dirujuk dalam kontrak Authorized Buyers Anda.

Melihat Cara Kerja Email Marketing Untuk Mencapai Konsumen

Implementasi Strategi Marketing Melalui Email
Sumber: Jeffbullas
Setelah sebelumnya kita mengenai apa itu iklan yang berada diinternet dimana secara tidak sengaja kita melihat hal tersebut tanpa adanya niat dibalik itu, kali ini sedikit berbeda kita akan mengenai apa itu Email Marketing adalah tindakan mengirim pesan komersial, biasanya kepada sekelompok orang, menggunakan email. Dalam arti luas, setiap email yang dikirim ke calon pelanggan atau pelanggan saat ini dapat dianggap sebagai pemasaran email. Ini melibatkan penggunaan email untuk mengirim iklan, meminta bisnis, atau meminta penjualan atau sumbangan.

Dari segi efektifitas dalam menggunakan strategi email marketing hingga 40 kali lebih efektif daripada media sosial, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh McKinsey & Company. Studi yang sama juga menunjukkan bahwa proses pembelian terjadi 3 kali lebih cepat daripada di media sosial. Secara statistik, ada indikator yang menunjukkan potensi pemasaran email yang semakin besar.

Ada beberapa tipe pemasaran email yang digunakan oleh perusahaan untuk lebih dekan dengan konsumen, berikut 8 tipe email pemasaran:

  1. Email selamat datang, menunjukkan rasio buka dan klik-tayang yang lebih baik ketika mereka menawarkan sentuhan pribadi dan memperkenalkan organisasi Anda tanpa memboroskan promosi. Jangan memperkenalkan produk atau layanan baru sebelum Anda membangun hubungan. Cukup berusaha untuk memberikan kesan pertama yang baik yang menggambarkan pengetahuan dan keahlian industri Anda dan membuka jalan untuk kontak di masa mendatang.
  2. Buletin Email, Banyak bisnis dan organisasi mengirim buletin email agar tetap diingat oleh penerimanya. Sebagian besar bisnis industri sebenarnya menggunakan buletin email sebagai dasar dari program pemasaran email mereka karena mereka adalah alat yang hebat untuk mendidik pelanggan dan prospek tentang bisnis Anda dan menampilkan profil karyawan, proyek gairah perusahaan, dan grafik yang relevan.
  3. Email Khusus, berisi informasi tentang hanya satu penawaran. Misalnya, Anda dapat memberi tahu audiens target Anda tentang whitepaper baru yang telah Anda rilis atau mengundang mereka untuk menghadiri acara industri yang Anda selenggarakan.
  4. Email Sponsor, adalah salah satu komponen dari strategi media berbayar, termasuk bayar per klik (PPC), iklan bergambar, iklan seluler, iklan afiliasi, dll.
  5. Email Transaksional, adalah pesan yang dipicu oleh tindakan tertentu yang telah dilakukan kontak Anda dan memungkinkan mereka untuk menyelesaikan tindakan tersebut. Misalnya, jika Anda mendaftar untuk webinar industri, Anda akan mengisi formulir dan menerima email transaksional (terima kasih), yang memberi Anda informasi login untuk bergabung. Jika Anda menggunakan double opt-in, orang akan menerima email yang meminta mereka untuk mengklik tautan untuk mengonfirmasi pendaftaran mereka.
  6. Email Cerita Merek, cerita ini terbukti dan kami menggunakan sejarah kami untuk menampilkan reputasi dan menunjukkan fokus kami pada industri untuk membuktikan tujuan. Kisah unik ini menyampaikan maksud kepada audiens kami tentang siapa kami, apa yang kami lakukan, dan bagaimana kami dapat membantu mereka.
  7. Email Video, sedikit berhubungan erat dengan pemasaran cerita merek. Apa yang membedakan dengan cerita merek ada kreatifitas yang lebih ilustrasikan berbagi cerita dan keahlian perusahaan terkait.
  8. Permintaan Tinjau Email, ketika kita sehabis membeli atau menggunakan suatu barang atau jasa, biasanya perusahaan akan meminta timbal balik, ulasan atau impresi kita setelah membeli atau menggunakan suatu barang atau jasa yang terkait.
Illustrasi Sortir Email Oleh Sistem
Sumber: Kaspersky
Nah meskipun begitu efektif penggunaan marketing email untuk menjangkau konsumen, ada beberapa tantangan nih yang harus akalin oleh warganet salah satunya terdeteksinya email perusahaan sebagai SPAM di email konsumen yang dimana terindikasi terlalu banyak masuk ke email konsumen, hal ini memang menjadi sistem keamaan bawaan dari institusi email seperti Gmail dan Outlook untuk mensortir email yang terlalu banyak masuk, untuk lebih lanjut akan dijelaskan pada sub-bab selanjutnya, dan yang terakhir adalah kurang tepatnya email yang kita sasar kepada konsumen yang tepat membuat rasio membuka atau melihat email yang kecil berdampak pada keuntungan ytang ditargetkan.

Apa itu Spam? Bagaimana Cara mengatasi Spam? 

Illustrasi Sortir Email Oleh Sistem
Sumber: Netcore Cloud
E-mail merupakan alat pemasaran dan periklanan yang efektif, tetapi e-mail mempunyai tiga tantangan utama: spam atau Sending dan Posting Advertisement in Mass, perangkat lunak yang digunakan untuk mengontrol spam yang menghilangkan banyak e-mail dari kotak masuk pengguna, dan daftar e-mail yang dibeli dengan tidak tepat sasaran. Spam adalah email komersial yang tidak diminta (kadang-kadang disebut sebagai email "sampah") dan spammer adalah orang yang mengirim email yang tidak diminta ke audiens secara massal yang belum mengungkapkan minat pada produk. Spammer cenderung memasarkan pornografi, penawaran dan layanan penipuan, penipuan, dan produk lain yang tidak disetujui secara luas di sebagian besar masyarakat.

Secara umum, email berfungsi dengan baik untuk menjaga hubungan pelanggan tetapi buruk untuk memperoleh pelanggan baru. Spam adalah musuh pemasaran dan periklanan email yang efektif. Persentase semua email yang menjadi spam rata-rata sekitar 53% pada tahun 2016 (Symantec, 2016). Sebagian besar spam berasal dari jaringan bot, yang terdiri dari ribuan PC yang dapat memulai dan menyampaikan pesan spam. Volume spam telah sedikit menurun sejak pihak berwenang menghapus botnet Rustock pada tahun 2011. Spam bersifat siklus musiman, dan bervariasi setiap bulan karena dampak teknologi baru (baik yang tidak mendukung dan mendukung spammer), tuntutan baru, dan permintaan musiman untuk produk dan jasa.

Upaya legislatif di Amerika Serikat untuk mengontrol spam sebagian besar tidak berhasil. Tiga puluh tujuh negara bagian memiliki undang-undang yang mengatur atau melarang spam (Konferensi Nasional Badan Legislatif Negara Bagian, 2015). Undang-undang negara bagian biasanya mengharuskan email (spam) berisi label di baris subjek (“ADV”) yang menunjukkan bahwa pesan tersebut adalah iklan, memerlukan pilihan keluar yang jelas bagi konsumen, dan melarang email yang berisi perutean palsu dan informasi nama domain (hampir semua spammer sembunyikan mereka domain sendiri, ISP, dan alamat IP).

Contoh Email SPAM
Sumber: Neurohacker
Kongres mengesahkan undang-undang anti-spam nasional pertama (“Controlling the Assault of Non-Solicited Pornography and Marketing” atau CAN-SPAM Act) pada tahun 2003, dan mulai berlaku pada Januari 2004. Undang-undang tersebut tidak melarang e-mail yang tidak diminta (spam) tetapi sebaliknya mengharuskan pesan email komersial yang tidak diminta untuk diberi label (meskipun tidak dengan metode standar) dan untuk menyertakan instruksi opt-out dan alamat fisik pengirim. Ini melarang penggunaan baris subjek menipu dan header palsu dalam pesan tersebut. FTC berwenang (tetapi tidak diharuskan) untuk membuat registrasi  "Do Not E-mail". hukum negara yang mensyaratkan label pada email komersial yang tidak diminta atau melarang pesan tersebut sepenuhnya didahulukan, meskipun ketentuan yang hanya membahas kepalsuan dan penipuan mungkin tetap berlaku. Tindakan tersebut membebankan denda sebesar $10 untuk setiap email pornografi yang tidak diminta dan memberi wewenang kepada jaksa agung negara bagian untuk mengajukan tuntutan hukum terhadap pelaku spam. Tindakan tersebut jelas membuat pengiriman massal yang sah secara hukum dari pesan email yang tidak diminta (apa yang kebanyakan orang sebut spam), namun berusaha untuk melarang praktik penipuan tertentu dan memberikan ukuran kecil dari kontrol konsumen dengan meminta pemberitahuan opt-out. Dalam pengertian ini, kritikus menunjukkan, CAN-SPAM ironisnya melegalkan spam selama spammer mengikuti aturan.

Untuk alasan ini, spammer besar telah menjadi salah satu pendukung terbesar RUU tersebut, dan kelompok konsumen telah menjadi kritikus yang paling lantang. Sebaliknya, undang-undang anti-spam Kanada adalah salah satu yang terberat di dunia. Tidak seperti Undang-Undang CAN-SPAM, undang-undang Kanada didasarkan pada model keikutsertaan dan melarang pengiriman email komersial, teks, dan pesan media sosial kecuali penerima telah memberikan persetujuannya. Pelanggaran hukum dapat menyebabkan hukuman hingga $ 1 juta untuk individu dan $ 10 juta untuk organisasi. Fase pertama undang-undang tersebut mulai berlaku pada tahun 2014. Undang-undang tersebut berlaku kapan saja komputer di Kanada digunakan untuk mengirim atau mengakses pesan elektronik, sehingga perusahaan yang berlokasi di Amerika Serikat yang mengirim email ke Kanada harus mematuhi hukum (Prancis, 2014).

Ada sejumlah penuntutan spammer di negara bagian dan federal, dan gugatan perdata pribadi oleh ISP besar seperti Microsoft. Upaya sukarelawan oleh industri adalah titik kontrol potensial lainnya. Khususnya, Direct Marketing Association (DMA), sebuah grup perdagangan industri yang mewakili perusahaan yang menggunakan sistem surat pos serta email untuk permintaan, sekarang sangat mendukung kontrol legislatif atas spam, di samping pedoman sukarelanya. DMA ingin mempertahankan penggunaan email yang sah sebagai teknik pemasaran. DMA telah membentuk grup anti-spam yang beranggotakan 15 orang dan menghabiskan $500.000 per tahun untuk mencoba mengidentifikasi spammer. DMA juga merupakan pendukung National Cyber-Forensics & Training Alliance (NCFTA), sebuah organisasi nirlaba yang memiliki hubungan dekat dengan FBI. NCFTA mengoperasikan berbagai inisiatif yang ditujukan untuk memerangi kejahatan dunia maya, termasuk phishing digital melalui spam.

Social Marketing and Advertising (Ernest)


Penggunaan Sosial Media
Sumber: Pinterest
Tiga strategi pemasaran yang saat ini paling berdampak di era digital adalah media sosial, pemasaran berbasis lokasi, dan perdagangan seluler. Ketika Anda menggabungkan ketiga strategi tersebut, Anda mengembangkan strategi pemasaran yang lebih kuat. Hal ini disebut SOLOMO atau Social Local Mobile Marketing. Social mengacu pada dominasi teknologi sosial, mobile adalah mobilitas konsumen termasuk kenyamanan berbelanja melalui smartphone mereka, dan lokal mewakili penggunaan teknologi berbasis lokasi.

Apa yang membuat SOLOMO istimewa?
Social Local Mobile Marketing (SOLOMO) mampu menciptakan pengalaman pelanggan yang dinamis dan relevan dengan menghubungkan tiga elemen serta melibatkan konsumen di persimpangan sosial, seluler, dan lokal. Strategi ini juga menyelaraskan seluruh sumber daya internal, terutama yang bersentuhan langsung dengan konsumen. Hal ini sangat penting bagi SOLOMO agar menjadi sukses. Jika Anda berhasil menjalankan promosi, tetapi staf Anda tidak terlatih, maka mungkin saja Anda dapat melewatkan peluang bisnis yang ada.
Elemen Yang Menjadi Peluang
Sumber: Neal Schaffer
Contohnya, seseorang dapat check-in ke toko menggunakan aplikasi berbasis lokasi seperti Google Business, menukarkan penawaran, membagikan komentar di platform tersebut, lalu segera memposting pembaruan ke dinding Facebook mereka atau platform lain, sambil mencantumkan halaman Facebook penjual. Jika bisa dimanfaatkan dengan baik, hal ini tentu akan memberikan keuntungan bagi bisnis Anda bukan?

Pahami Konsep Social Marketing dan Iklan untuk Meningkatkan Pemasaran Online!
Setelah memahami konsep pemasaran SOLOMO, selanjutnya kita akan mencari tahu apa itu Social Marketing sebagai bagian dari prosesnya. Simak penjelasan di bawah ini!

Social marketing adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan hal sosial. Apa saja? Mulai dari mendengarkan, berdiskusi, berinteraksi, berempati, dan menarik. Dari kelima kata kunci tersebut, dapat kita simpulkan bahwa social marketing merupakan strategi pemasaran yang mengajak konsumen untuk terlibat langsung dengan merek dari suatu bisnis. Hal ini tentu akan membuat hubungan Anda dengan konsumen menjadi lebih dekat. Wah, menarik ya!
Beragam Media Social
Sumber: Gif Abyss
Nah, ada beberapa situs sosial media yang memiliki pengaruh besar dalam social marketing, diantaranya Facebook, Twitter, Instagram, dan yang terkini ada Tiktok. Berdasarkan data yang diperoleh dari We Are Social tahun 2020,  waktu yang dihabiskan pengguna Facebook di Indonesia yaitu sekitar 17 jam per bulan, Instagram 17 jam per bulan, TikTok 13,8 jam per bulan, kemudian Twitter 8,1 jam per bulan. Ga heran kalo Indonesia masuk dalam 10 besar negara yang kecanduan media sosial ya!

Lalu, apa aja si proses dari social marketing?
Tidak dapat dipungkiri bahwa social marketing banyak dipilih oleh para pelaku bisnis saat ini. Selain karena dinilai lebih hemat biaya, tingkat keberhasilan dari strategi ini juga terbukti tinggi. Contohnya, perusahaan Coca–Cola yang saat ini telah menutup halaman web khusus produk dan beralih menggunakan halaman facebook terbukti efektif dalam meningkatkan jangkauan pasar sebesar 45%. Agar Anda dapat memaksimalkan penggunaan social marketing, Anda harus memahami kelima prosesnya terlebih dahulu.

  1. Lakukan Promosi, Lakukanlah promosi melalui berbagai sosial media seperti Facebook Ads dan Instagram Ads. Hal ini bertujuan agar konsumen mengetahui dan tertarik dengan bisnis Anda.
  2. Libatkan Konsumen, Buatlah kuis atau challenge berhadiah untuk berinteraksi dengan konsumen Anda. Jangan lupa meminta feedback dan reviews untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda.
  3. Maksimalkan Fitur Situs Sosial, Perkuat merek dengan mendorong konsumen untuk mempromosikan usaha Anda kepada para pengikutnya di sosial media. Anda bisa membuat kampanye pemasaran yang dinilai dari banyaknya jumlah like dari setiap postingan atau besarnya jumlah pengikut di sosial media.

Apa sih Pemasaran Lokal? Dan Bagaimana Manfaatnya bagi Bisnis?

Transaksi Secara Daring
Sumber: UOB Thailand
Pemasaran lokal merupakan strategi pemasaran yang ditujukan untuk menjangkau pasar terdekat dari lokasi bisnis yang dijalankan. Kunci sukses dari pemasaran lokal yaitu mampu mendefinisikan persona pembeli. Proses ini dapat membantu Anda agar memahami informasi demografis, psikografis, serta lokasi geografis calon konsumen. Tujuan di balik strategi pemasaran lokal adalah membelanjakan anggaran pemasaran dan periklanan dengan lebih efisien.

Siapa yang harus menggunakan pemasaran lokal?
Pemasaran lokal sangat ideal untuk bisnis apa pun yang mempunyai toko fisik serta melayani pelanggan secara langsung. Contohnya seperti restoran, tempat pangkas rambut, toko buku, dan rumah sakit. Strategi pemasaran ini dapat digunakan untuk meningkatkan upaya pemasaran Anda secara keseluruhan dan membangun hubungan yang kuat dengan konsumen lokal Anda. Jenis bisnis lain juga harus mempertimbangkan untuk menerapkan pemasaran lokal. Hanya karena strategi lokal bukan prioritas Anda, bukan berarti Anda tidak dapat memperoleh manfaat dari menangkap calon konsumen yang lebih luas di kota atau wilayah tempat bisnis Anda berada.

Berikut ini cara-cara yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan pemasaran lokal!

Optimalisasi Pemasaran Menggunakan Tools Yang Tersedia
Sumber: Ayorb
Optimalkan Pemasaran Online Anda
  • Pastikan situs web Anda ramah seluler, Gunakan alat seperti Tes Ramah Seluler Google dan Wawasan Kecepatan Laman untuk mengetahui cara Anda mencetak skor dan mendapatkan rekomendasi terperinci untuk meningkatkan peringkat pencarian bisnis Anda.
  • Manfaatkan SEO lokal, Untuk meningkatkannya, mengapa tidak memasukkan lebih banyak konten khusus lokasi di postingan Anda? Bagikan acara dan kejadian lokal, gunakan tagar lokasi, dan tunjukkan lokasi saat mempublikasikan konten yang relevan.
  • Daftarkan bisnis di direktori online, Menambahkan bisnis Anda ke direktori bisnis online meningkatkan kemungkinan orang menemukan bisnis Anda ketika mencari sesuatu di lokasi tertentu. Buat cantuman dan profil bisnis di Google My Business atau Yellow Pages.
Pelibatan Komunitas Dalam Proses Bisnis
Sumber: Pinterest
Libatkan Bisnis dalam Komunitas
  • Mensponsori acara lokal, Cari acara di lokasi sekitar bisnis Anda dan jadilah sponsor. Mengaitkan merek Anda dengan acara lokal dapat menjadi cara yang bagus untuk mengenalkan dan mengembangkan pengenalan merek yang positif pada calon konsumen Anda. 
  • Bermitra dengan selebriti dan influencer lokal, Terhubung dengan anggota komunitas lokal yang memiliki pengaruh besar dan manfaatkan popularitas mereka untuk membangun kredibilitas dan kesadaran merek bisnis Anda.
  • Bagikan kupon atau pamflet, Baik itu kupon diskon, pamflet kampanye, atau kartu nama, selalu sediakan materi pemasaran yang dapat dibawa oleh pelanggan lokal Anda. Seringkali, toko-toko di lingkungan sekitar saling mendukung dengan memasang bisnis lokal lainnya di jendela atau konter mereka.

Referensi

  • https://ads.google.com/intl/en_id/home/campaigns/video-ads/
  • https://campusdigital.id/artikel/kelebihan-dan-kekurangan-twitter?ref=farisfanani
  • https://glints.com/id/lowongan/display-advertising/#.YoJHWqdByMp
  • https://jurnalpost.com/analisis-efisiensi-social-local-dan-mobile-marketing/23137/#:~:text=Social%2C%20Local%2C%20dan%20Mobile%20Marketing,jenis%20pemasaran%20yang%20berbeda%20ini.
  • https://jurnalpost.com/efesiensi-sosial-mobile-dan-lokal-marketing-untuk-bisnis/23045/
  • https://smallbusiness.chron.com/advertising-sponsorship-17364.html
  • https://support.google.com/admanager/answer/10017110?visit_id=637882773825467911-703445626&hl=id&ref_topic=10191735&rd=1
  • https://support.google.com/admanager/answer/6238701?hl=id&visit_id=637882773825467911-703445626&ref_topic=10130965&rd=1
  • https://support.google.com/google-ads/answer/2375464?hl=en
  • https://support.google.com/richmedia/answer/2417545?hl=en
  • https://www.gojek.com/blog/gofood/pemasaran-lokal/#:~:text=Pemasaran%20lokal%20adalah%20strategi%20pemasaran,sebuah%20bisnis%20dalam%20daerah%20mereka
  • https://www.labana.id/view/menerapkan-local-marketing-dalam-bisnis/2016/10/28/?fullview
  • Laudon, K. C. (2017). E-commerce 2017: business, technology, society.
  • https://jurnalpost.com/analisis-efisiensi-social-local-dan-mobile-marketing/23137/#:~:text=Social%2C%20Local%2C%20dan%20Mobile%20Marketing,jenis%20pemasaran%20yang%20berbeda%20ini.
  • https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/11320087/berapa-lama-orang-indonesia-akses-internet-dan-medsos-setiap-hari?page=all#:~:text=Dirangkum%20KompasTekno%20dari%20We%20Are,Instagram%2C%20Facebook%2C%20lalu%20Twitter.
  • https://msh.web.id/2016/06/14/5-direktori-bisnis-online-terbaik-dan-gratis-di-indonesia/
  • https://calonpengangguran.com/2021/02/06/kelebihan-dan-kekurangan-facebook/




Posting Komentar

0 Komentar